Thursday, June 6, 2013

Warga Palembang Keluhkan Masih Tingginya Harga Bawang

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengeluhkan kondisi masih tingginya harga bawang terutama bawang merah.

"Harga bawang merah sekarang masih cukup tinggi yakni mencapai Rp 38.000 per kilogram, sedangkan bawang putih harganya sudah turun hampir mencapai harga normal yakni berkisar Rp 18.000 hingga Rp 20.000 per kilogram," kata Novita, salah seorang warga di Palembang, Ahad (6/2).

Kondisi masih tingginya harga bawang merah sekarang ini, diharapkan menjadi perhatian pemerintah dan segera dilakukan upaya untuk mengendalikannya, agar harga tidak kembali meroket seperti beberapa bulan sebelumnya yang mencapai hingga Rp 60.000 per kg.

Sementara menurut Donan, salah seorang pedagang bawang di pasar tradisional Plaju Palembang, harga bawang merah masih cukup tinggi yakni berada pada posisi Rp 38.000 per kilogram, sedangkan bawang putih harganya sudah turun hampir mencapai harga normal yakni Rp 19.000 per kilogram.

Harga bawang merah tampaknya sulit bergerak turun secara cepat, karena produksi dalam negeri masih sangat terbatas sementara impor dalam pengendalian ketat dan didominasi bawang putih.

Diharapkan harga bawang tersebut beberapa pekan ke depan bisa terus dikendalikan pemerintah karena pada bulan Juli mulai memasuki bulan puasa Ramadhan yang biasanya permintaan bawang merah dan putih meningkat.

Dengan pengendalian yang baik, gejolak kenaikan harga bawang tembus hingga Rp 60.000 per kg yang menimbulkan keresahan masyarakat dan kurang begitu memberikan keuntungan bagi pedagang tidak terulang kembali, katanya.

Sementara mengenai stok bawang, di kiosnya sekarang ini tersedia cukup banyak terutama bawang putih, berapa pun jumlah bawang yang dibutuhkan masyarakat siap dipenuhi, kata pedagang.

Sementara menurut Irwan, pedagang lainnya yang biasa berjualan di Pasar Sekip Ujung, harga bawang merah di pasar ini masih cukup tinggi, namun harga bawang putih mulai normal.  Harga bawang putih sekarang ini Rp 20.000 per kg, sedangkan harga bawang merah masih cukup tinggi mencapai Rp 38.000 per kg.

Melihat masih tingginya harga bawang merah, diharapkan kepada instansi pemerintah yang terkait agar membuat langkah-langkah pengendaliannya sehingga aktivitas perdagangan bawang bisa kembali bergairah karena kenaikan harga yang sangat tinggi tidak berpengaruh meningkatkan penghasilan mereka, ujar pedagang itu.


Jual bawang merah brebes

Jual bawang merah

No comments:

Post a Comment